Senin, 16 September 2013

MotoGP Sachsenring Jerman 2013 seri 8 Marc Marquez penguasanya



MotoGP seri ke 8 berlangsung pada Ahad 14 Juli 2014 bertempat di sirkuit Sachsenring Jerman. Di seri ke-8 ini terlihat agak berbeda, karena dua jawara dari motoGP absen dalam perhelatan besar itu. Lorenzo dari tim (Yamaha Factory Racing) harus dioperasi kembali setelah terlempar dari motornya pada Free Practike 2 pada hari Jum’at, Plat logam yang dipasang di tulang bahunya bengkok. Sementara rival nya dari tim Repsol  Honda Pedrosa juga crash dalam FP 3 dan memaksanya untuk tidak turun ke lintasan. Menurut tim dokter motoGP Pedrosa  mengalami sedikit retak tulang pada bahunya setelah terlempar tinggi dari motor dan bahu serta kepala yang mendarat pada saat kecelakaan. Pedrosa sempat diunggul-unggulkan pada balapan seri 8 ini karena sudah empat kali berhasil menjadi juara di sirkuit sachsenring, terakhir tahun 2012 yang lalu. Pada saat kualifikasi berikutnya Pedrosa ataupun Lorenzo tidak ikut dan yang mendapat pole adalah marc Marquez , disusul Cal Crutchlow dan Valentino Rossi.
Jalannya Balapan
Star dimulai, the Doctor langsung menembus posisi 1, sementara pemilik pole Marc Marquez tercecer ke urutan 4.  Beberapa menit kemudian terlihat rider tuan rumah Stefan Bradl (Honda) berada diposisi 1, diikuti Valentino Rossi ( Yamaha Factory Racing). Marquez yang tadinya tercecer di posisi 4 mulai merangsek maju dengan menyalip rider Monster Yamaha Cal Crutchlow, kemudian maju dan sekarang tepat di belakang the Doctor Valentino Rossi. Marc Marquez terus menekan the Doctor sampai akhirnya ditikungan kekiri the Doctor ditaklukkan.
Posisi kembali berubah 1. Marquez, 2. Bradl, 3. Rossi dan 4. Crutchlow serta 5. Bautista dari Honda. Tidak sampai tiga putaran Bradl harus dipaksa untuk bergeser dari posisi 1 oleh Marquez, si baby alien julukan dari Marq Marquez. Dengan kelihayan dan semangat yang luar biasa dia berhasil menundukkan rider tuan rumah Stefan Bradl. Perlu kita tahu bahwa di sirkuit Sachsenring ada 30 lap.  Di belakang Bradl dua motor yang sama (Yamaha YZR-M1) milik Rossi dan Crutchlow sedang beradu cepat untuk menempati posisi tiga, dan beruntung Rossi masih bisa mempertahankan posisinya diurutan tiga. Lap demi lap sudah terlampaui Rossi semakin maju dan mengincar posisi dua dan tepat pada tikungan kekiri dia berhasil melewati Bradl yang agak melebar kekanan.  Di depan Marc marquez masih memimpin balapan dan semakin kedepan menjauhi tiga rider yang dari tadi saling berebut posisi.
Cal Crutchlow yang bertekad naik podium di seri 8 benar-benar bekerja keras dan sangat agresif terbukti Bradl kembali  bisa di taklukkannya. Kemudian target berikutnya adalah melewati the docter valentine Rossi yang masih berada di posisi dua.
Adu cepat kembali terjadi antara motor Yamaha YZR-M1 milik Rossi dan Crutchlow tapi  berbeda kali ini Crutchlow bisa membalap lebih  cepat sehingga Rossi harus turun ke posisi tiga. Lima lap tersisa dan Crutchlow pantang menyerah dia tarik gas sekencang-kencangnya dan berusaha menjau dari Rossi serta berusaha mengejar rider bernomor 93 dari Repsol Honda yang terpat 1.9 detik darinya. Crutchlow belum puas pada posisi dua yang sekarang ditempatinya, dia terus mengejar sampai terpaut 1.6 dan 5 detik di belakang Marc Marquez. Dua lap tersisa dan Marquez merespon akan Crutchlow yang semakin mendekat, dengan gaya balap yang khas dimilikinya, diapun melesat dengan motor CR 132 V. Tersisa satu putaran lagi  dan jarak antara Crutchlow dengan Marquez masih 1.5 detik. Jarak ini tidak bertambah sampai Marquez melewati garis finish tanda kemenangan kedua yang diraihnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar