Senin, 21 Oktober 2013

MOTOGP PHILIP ISLAND, MARC DI DISKWALIFIKASI JORGE TERDEPAN




Sapeken77.blogspot.com Ahad 21 Oktober 2013 motoGP seri 15 di sirkuit Philip Island Australia dimulai. Tampil paling depan peraih pole Jorge Lorenzo, disusul Marc Marquez diurutan dua, tiga Valentino Rossi, empat Call Crutchlow, dan lima Dani Pedrosa. Di perlombaan kali ini sungguh membingungkan para rider dan menurut Lorenzo ini adalah peraturan gila dan memang sangat unik, setiap rider harus mengganti motor minimal pada lap 9 dan maksimal di lap 10.  Aturan yang dipakai oleh Rice direction karena pihak pemasok ban moto GP 2013 Brigeston tidak menjamin ban mereka akan tahan sampai 27 lap, lap pun dipangkas menjadi 19 lap. Mereka menyatakan ban hanya bisa dipakai sampai lap 10 karena aspal yang baru.  Peraturan baru ini membuat dua rider Honda di diskwalifikasikan karena mengganti motor pada lap 11.





Jalannya Balapan

Lap 19, Star dimulai posisi rider dari Yamah Factory Racyng Jorge  Lorenzo langsung melesat disusul Pedrosa, Marquez, dan Rossi.  Marquez balap Pedrosa, Posisi Lorenzo, Marquez, Pedrosa, Rossi, Crutchlow dan Bautista.

Lap 18, posisi rider tedepan masi belum berubah

Lap 17, dua rider dari tim Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa terus mengejar Jorge Lorenzo yang dari tadi masih diposisi terdepan. Jarak antara Marquez ke Lorenzo kurang lebih 0,5 detik

Lap 16, jarak yang tadinya agak renggang kini mulai menyusut ke angka 0,2 detik

Lap 14, sementara di barisan tengah Alvaro Bautista sedang bertarung memperebutkan posisi ke-4 melawan dua YZR-M1 yang ditunggangi Call Crutchlow dan Valentino Rossi

Lap 12, Lorenzo sedikit maju dari Marquez sehingga jarakpun melebar menjadi 0,3 detik. Dan tepat pada sebuah tikungan kekanan hampir saja Marquez menyalip Lorenzo. Jarak tiga rider asal spanyol ini semakin dekat.

Lap 10, Pedrosa masuk pit stop untuk mengganti motor, dan Marquez terus mengejar Lorenzo hampir saja ia terjatuh. Beberapa detik kemudian Lorenzo belok kiri menuju pitstop untuk mengganti motor disusul Crutchlow

Lap 9, Mar Marquez masuk pit stop untuk mengganti mototrnya. Pas keluar ternyata sudah terlihat du rider sedang berkejaran yaitu Lorenzo dan Pedrosa maka tidak ayal lagi senggolanpun terjadi antara Lorenzo dengan Marquez, beruntung keduanya tidak terjatuh.

Lap 8, Posisi terdepan Lorenzo, Pedrosa, Marquez

Lap 7, sementara di belakang tiga rider terdepan ini, ternyata juga tidak kalah sengitnya pertarungan anatara dua penunggang YZR-M1 milik Valentino Rossi dan Call Crutchlow melawan penunggang CR 213 V milik Alvaro Bautista. Posisi tiga rider ini, Valentino Rossi, disusul Call Crutchlow disusul Alvaro bautista.

Lap 6, pada lap ini Valentino Rossi di balap Call Crutchlow, begitu juga di barisan depan Marquez berhasil menyalip rekannya satu tim Pedrosa. Beberapa menit setelah itu beberapa marshal (petugas lapangan di sirkuit Philip Island mengibarkan bendera hitam bernomor 93). Nomor 93 adalah milik Marc marquez. Pada saat itulah Pedrosa kembali menyalip Marquez.

Lap 5, Pedrosa terus mengeber motornya untuk menaklukkan Lorenzo yang sejak tadi memimpin balapan dari star. Jarak Pedrosa semakin dekat dengan Lorenzo kurang lebi 0,3 detik

Lap 4,  bendera hitam yang masih dikibarkan dan tertera no 93 membuat Marquez keluar lintasan ternyata dia masih bingung ada masalah apa dengannya. Marquez baru paham bahwa dia di diskwalifikasi lantaran tidaka mengaindahkan peraturan ganti motor di lap 9 atau lap 10, Marquez baru ganti motor menjelang lap 11.

Lap 3,  Valentino Rossi balap cal Crutchlow

Lap 2,  Pedrosa terus mengejar Lorenzo

Last Lap ,  Lorenzo yang bertekat memenangi lomba untuk memangkas jarak poin 34 dengan Marquez  semakin mempercepat laju motornya dan Pedrosa tidak berhasil mengejarnya sampai garis finish dan bendera dikibarkan.

Dengan kemenangan Lorenzo di Philip Island Australia ini memperpendek jarak poinnya menjadi 18 poin di bawah Marc Marquez. Dua seri tersisa dan akan menjadikan seru di Motegi Jepang dan Palencia sebagai penutup dimusim 2013 ini. Siapakan yang akan menjadi pemenang di Montegi untuk menjadi Juara 2013 ? tunggu saja di hari Ahad/Minggu, 27 Oktober 2013 jam 11.00 hanya di Trans 7.

















































































































































 

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar