Selasa, 17 Januari 2012

Manajemen SIM Hentikan Operasional Kapal ke Sapeken


 Thursday, 05 January 2012 20:44 Media Online Bhirawa
Sumenep,  Bhirawa
 
Selamat Jalan Kapal Cepat


Manajemen PT Sakti Inti Makmur (SIM) menghentikan operasional kapalnya ke Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sejak Januari 2012 karena dinilai tidak menguntungkan.
Kepala PT Sakti Inti Makmur (SIM) Cabang Kalianget, Wijiyanto, Kamis, menjelaskan, sejak April 2011, pihaknya mengoperasikan kapal cepat Express Bahari 3C untuk melayani lintasan Kalianget-Kangean-Sapeken.
"Salah satu alasan kami beroperasi hingga Sapeken karena ada permintaan dari Bupati Sumenep. Namun, setelah dievaluasi ternyata pengoperasian kapal kami hingga Sapeken itu tidak menguntungkan bagi kami. Terhitung mulai Januari 2012, kami hanya akan melayani lintasan Kalianget-Kangean alias tidak sampai ke Sapeken," ujarnya di Sumenep.
Ia mengatakan, secara kelembagaan, pihaknya telah melayangkan surat pemberitahuan kepada Pemkab Sumenep tentang penghentian pengoperasian Kapal Express Bahari 3C ke Sapeken per Januari 2012.


"Sejak April hingga Desember 2011 memang dilakukan evaluasi tentang untung atau tidaknya kapal kami ketika melayani hingga Sapeken. Hasilnya, biaya operasional hingga Sapeken ternyata tidak sepadan dengan pemasukan atau pendapatan," ucapnya.
Kondisi itu, kata dia, membuat manajemen PT SIM memutuskan untuk tidak mengoperasikan lagi kapalnya hingga Sapeken.
"Dulu, kami memang sudah menyampaikan kepada pemerintah daerah bahwa pengoperasian kapal kami hingga Sapeken akan dievaluasi dan kalau menguntungkan akan dilanjutkan. Namun, fakta di lapangan ternyata pengoperasian kapal kami ke Sapeken itu tidak menguntungkan," paparnya.
Wijiyanto menjelaskan, pengoperasian kapalnya ke Sapeken untuk terakhir kalinya pada 26 Desember 2011.
Sejak 2009, PT SIM menjadi salah satu operator di lintasan Kalianget-Kangean dengan jadwal pelayaran sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni Senin, Kamis, dan Sabtu.
Kemudian sejak April 2010, kapal milik PT SIM melayani hingga Sapeken atas permintaan Bupati Sumenep.
[@.HBO]

http://www.harianbhirawa.co.id/demo-section/berita-terkini/40749-manajemen-sim-hentikan-operasional-kapal-ke-sapeken

Tidak ada komentar:

Posting Komentar