Senin, 24 Februari 2014

Honda CB150R Street Fire, jagoan 150 cc

Honda CB150R Street Fire rwb,Puang R-77
sapeken77.blogspot.com
Tahun 1994 adalah hari pertama duduk dan belajar diatas motor, waktu itu kita belajar berdua bersama teman bernama iik panggilan saat kecil dan sebenarnya nama aslinya Idrus (saaat itu saya masih sekolah di Pesantren Persis Abu Hurairah kelas 1 aliyah atau setara dengan kelas 1 SMA dan teman kita ini masih duduk di kelas 3 MTs setara dengan SMP kelas 3). Motor yang kami pakai waktu itu motor batangan atau lebih dikenal dengan motor sport bermerk Honda 100 (ber cc ya 100). Warnanya merah metalik pemiliknya adalah saudara Kunnik dari pulau seberang Sapanjah Island namanya. Belajar motor sport pada waktu itu tidak terlalu lama ga' sampai setengah hari motor sudah bisa diajak keliling masuk kampung orang atau gang-gang di kampung Raas dan kampung Mandar Sapeken Island Jawa Timur, berbeda dengan teman kita Idrus, saat belajar dia langsung nabrak pagar lapangan bola., kebetulan pertama kalinya kami belajar di sebuah lapangan bola. Dulu nama lapangan itu adalah lapangan sepakbola Mohammad Sholeh tapi sekarang berganti nama menjadi lapangan Pesantren Abu Hurairah Sapeken karena lapangan ini dibeli oleh KH. Addailamy Abu Hurairah pimpinan Pesantren Persis Abu Hurairah Sapeken Jawa Timur.

Beberapa tahun kemudian saudari kami membeli motor Yamaha Vega R dan tidak terlalu kaku lagi untuk memakainya karena motor bebek sperti ini lebih mudah dikendarai ketimbang motor batangan atau motor sport. Meskipun motor Vega R itu sedkit bandel. Bandel dalam istilah beneran loh. Buktinya motor ini suka nabrak apa aja yang ada didepannya.

Add caption
Tahun 2007 Alhamdulillah saya bisa membeli motor eh maaf kredit (tepatnya setelah 3 bulan setelah kami menikah). Motor Supra Fit R (th 2007) adalah pilihan kami berdua. suka duka sudah dilewati bersama motor ini sangat banyak. Dia sudah berjasa mengantar istri kemana-mana, megantar saya bekerja dan mengajar. Mengantar istri saat mau melahirkan. Motor ini juga pernah terjatuh menyerempet motor orang karena mendadak sebuah mobil metromini jurusan kamp Melayu melaju kencang dan agak mendekati kita berdua yang lagi asyik tancap gas untuk persiapan ujian CPNS waktu itu saya bersama teman guru bernama Gunawan. dan banyak lagi pengalaman lainnya yang ga mungkin kami ceritakan di rubrik singkat ini.

Honda Supra X helm in PGM-FI (2012)
Tahun 2012 tepatnya setelah lima tahun motor Supra Fit R 100 cc kami pakai mondar-mandir, alhamdulillah kami bisa membeli motor baru ber cc lebih tinggi dari motor sebelumnya. Honda Supra X helm in PGM-FI 125 cc. Motor multi fungsi, siap menampung barang belanjaan dari pasar tanpa sepengetahuan seseorang, karena barang-bawaan tadi di masukkan ke bagasi motor bisa muat 10 liter.
Tahan banjir, ini tebukti saat tahun 2013 silam. Jakarta dikepung banjir, sampai tugu selamat datang yang berada di dekat hotel Indonesia (HI) kebanjiran. Waktu itu ketinggian banjir mencapai paha orang dewasa, tapi yang namanya motor Honda Supra X helm in PGM-FI tidak mogok atau mati ketika melewati banjir dengan ketinggan seperti itu. cuma sayangnya tidak ada yang mempublikasikan. jadi pakai gambar ilustrasi deh.
Begitu juga ketika membawa tiga galon air aqua, sambil melewati najir di kemayoran alhamdulilah motor ini ga juga mati alias tahan banjir.
Dipenghujung tahun 2013 sebenarnya kami berniat membeli kembali sebuah motor baru sebagai pengganti motor Supra Fit R (2007) yang sudah di beli dan dipakai bapak mertua. Motor yang akan kami pakai sebagai alat transportasi mengantar mengajar dan bekerja. kurang lebih tiga bulan kami memantau dan meyeleksi motor apa yang pantas untuk diajak pulang kerumah. ternyata pilihan pertama kami adalah Honda Verza 150 cc. kurang lebih sebulan kami memantau kelebihan, keunggulan dan kekurangan motor ini. pilihan warna hitam sudah ditangan. rembuk punya rembuk dengan istri, keluarlah kesimpulan baru setelah kami mengamati motor ber cc sama, sama-sama injeksi, tampang mirip cuma ada perbedaan mendalam. Honda CB150R Street Fire itulah namanya. Honda CB150R ini bermesin DOHC 6 speed berbeda dengan adiknya Honda Verza 150 yang bermesin SOHC. kurang lebih sebulan kami menyelidiki kelebihan dan keunggulan motor yang rame diperbincangkan ini. Berikut Spesifikanya :

Tipe CB150R Street Fire

Harga Rp23.150.000

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2.008 x 719 x 1.061 mm

Jarak Sumbu Roda 1.288 mm

Jarak terendah ke tanah 148 mm

Berat kosong 129 kg

Kapasitas tangki bahan bakar 12 liter

Rangka
rangka Diamond Steel (Truss Frame)

Tipe suspensi depan Teleskopik

Tipe suspensi belakang Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)

Ukuran Ban Depan 80/90 - 17M/C 44P (Tubeless)

Ukuran Ban Belakang 100/80 - 17M/C 52P (Tubeless)

Rem Depan Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda

Rem Belakang Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal

Mesin
mesin 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal

Kelas 150

Volume Langkah 149,48 cm3

Diameter X Langkah 63,5 x 47,2 mm

Perbandingan Kompresi 11.0 : 1

Daya Maksimum 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm

Torsi Maksimum 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm

Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1,0 Liter pada Penggantian Periodik

Tipe Kopling -

Tipe Transmsi 6-Kecepatan

Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5-6

Tipe Starter Pedal & Elektrik

Kelistrikan
Tipe Battery MF 12 V - 5 Ah

Busi -

Pengapian Full Transistorized 

Ummi, Rhazes dan Wardah
Honda CB150R SF (makin agresif)
Tahun 2014  tiba, kami sudah bersiap-siap untuk memboyong motor canggih ini kerumah, eee tetapi cuaca belum  mendukung. Di Jakarta banjir mengepung hampir disetiap tempat. Daeler Honda yang kami temui juga masih belum memamerkan  Honda CB150R Street Fire edisi 2014. Menurut sales salah satu daeler di Jakarta pusat dan utara mengatakan bahwa produk CB150R edisi 2014 kemungkinan akan diluncurkan pada awal atau akhir bulan Februari 2014. Awal bulan Februari 2014 kembali kami mengunjungi daeler Honda dan ternyata disana sudah ada empat warna terbaru

cuma sayang warna RWB (red white and blue) belum ada. Kamipun segera meluncur ke daeler lain untuk melihat honda canggih ini dan ternyata sudah ada satu warna yang dipamerkan yaitu warna yang kami inginkan RWB. disana ada seorang laki dan seorang perempuan sedang asyik bertanya kepada salah satu sales tentang motor baru ini, ternyata mereka hendak membeli motor yang dipajang tersebut. Keinginan kamipun tertunda. Tapi kami tidak meyerah kamipun memesan  motor tersebut yang katanya paling cepat hari selasa sudah ada dan paling lama dua minggu (oya waktu itu hari Sabtu saat kami ke daeler). Dan Alhamdulillah ternyata hari Senin sudah ada tapi motornya belum bisa di antar kerumah karena banjir kedua melanda ibukota Jakarta termasuk depan jalan Daeler yang kami pesan tersebut. Alhamdulillah pada hari Kamis, 6 Februari 2014 motor canggih ini sudah kami terima dari daeler. Dan semoga motor baru ini akan memberikan banyak manfaat kepada kami dan juga orang lain. Puang Rusdi (R-77)
14 Keistimewaan Honda CB150R StreetFire
Kamis, 13 Desember 2012 14:20
Otosia.com - Honda CB150R Streetfire yang pernah diperkenalkan di Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 yang lalu, pada 12 Desember 2012 resmi dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). AHM pun merasa optimis, model naked-sport bike ini akan diterima masyarakat.
Bagi Anda yang mengidam-idamkan motor naked sport, Honda CB150R StreetFire layak diperhitungkan menjadi pilihan utama. Untuk itu kita sajikan bagian demi bagian dari motor sport Honda ini. Mulai dari bodi, mesin sampai harga. (kpl/abe)

1.Desain Bodi
Honda CB150R Streetfire mengusung desain speedy shape berkarakter tajam, berkesan ramping dan ringan sebagai cerminan dari motor sport berperforma tinggi yang membangkitkan aura kecepatan.
Garis desainnya seirama dan menyatu serta mengalir mulai dari lampu depan hingga spakbor belakang. Sehingga menunjang tampilan keseluruhan yang sporty dan agresif.

2. Mesin
Honda CB150R Streetfire dibekali mesin 150 cc, 4 langkah, DOHC, 4 katup, 6 percepatan manual.
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection), yang menghasilkan performa mesin luar biasa, akselerasi terbaik di kelasnya, sekaligus hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Dan telah memenuhi standar emisi gas buang Euro2.
Berbasis mesin Honda CBR150R yang merupakan flagship Honda di segmen motor sport dengan model full fairing.

3. Radiator
Mesin berpendingin cairan (Liquid Cooled) yang telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) ini menghasilkan performa mesin yang luar biasa.
Sehingga fungsi pendingin mesin bekerja dengan optimal saat motor berotot ini dipacu dalam kecepatan tinggi atau saat dipakai touring.

4. Tenaga dan Torsi
Motor sport terbaru Honda ini memiliki daya maksimum 17 hp pada putaran 10.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya pada angka 13,1 Nm pada putaran 8.000 rpm.
Mesin Honda CB150R StreeFire menghasilkan performa yang luar biasa, karena dapat mencapai kecepatan maksimum 122 kpj serta akselerasi 10,6 detik untuk daya tempuh 0-200 meter. 

5. Rangka
Honda CB150R StreetFire didesain menggunakan rangka inovatif tipe truss atau trellis (terallis). Membuatnya terkesan berotot, gagah dan kokoh.
Kerangka ini memiliki bobot yang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi. Rangka ini dirancang khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link dan mengurangi getaran mesin secara maksimal. 

6. Suspensi
Model ini mengadopsi salah satu fitur canggih model CBR250R, yaitu sistem suspensi belakang Pro-Link.
Suspensi ini bekerja secara maksimal, yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan sehingga membuatnya lebih stabil dan nyaman. Karena mampu membuat guncangan pada tempat duduk menjadi lebih lembut.

7. Speedometer
Honda CB150R StreetFire memiliki panel meter dengan latar belakang grafik warna putih yang sporty serta didukung panel digital yang futuristik.
Panel digital ini menampilkan informasi yang lengkap, antara lain speedometer, odometer, trip meter, jam dan fuel meter.

8. Roda
Model ini juga sudah dilengkapi pelek racing palang 6 berpola bintang serta memiliki penampang palang berbentuk U tebal yang sporty. Pelek racing ini dibalut dengan ban tipe tubeless sehingga menjadikannya lebih aman dan praktis.
Pihak Honda juga peduli dengan detail kecil pada pelek, terdapat penambahan timah balancer di titik satunya. Sebenarnya tidak ada pelek yang balance 100%.
Penambahan tersebut bertujuan sebagai penyeimbang putaran roda. Balancer dengan otomatis membuat rotasi roda makin terkontrol serta mendongkrak kestabilan dipacu di atas 100 kpj.
Rata-rata hanya motor-motor high perfomance seperti Ninja, RGR, NSR yang dibekali dengan timah putih ini.

9. Rem
Untuk mengendalikan kecepatan, model ini sudah dilengkapi pula dengan rem cakram ganda yang menghasilkan pengereman yang maksimal di segala kondisi jalan.
Selain itu, model ini dilengkapi fitur unggulan lain seperti pengaman kunci bermagnet sehingga tampilannya lebih modern dan efektif mengurangi resiko pencurian motor.

10. Fairing
Motor sport naked Honda ini memberikan sentuhan artistik dan futuristik pada bagian fairingnya yang kecil. 
Hal ini dimaksudkan agar terlihat kompak dengan bodi keseluruhan serta sebagai perangkat aerodimika yang bekerja maksimal.

11. Headlamp
Headlamp Honda CBH150R StreetFire memiliki bentuk yang sedikit besar, lantaran penutup perangkat speedometer.
Namun secara keseluruhan masih terlihat sudut lancipnya, sehingga kesan sporty dan garang masih bisa terasa.

12. Lampu Belakang
Lampu belakang StreetFire ini menggunakan aksen heksagonal atau persegi enam, yang membuatnya semakin terlihat sporty dan modis.

13. Tangki
Tangki secara keseluruhan terlihat ramping dengan aksen grafis yang dinamis. Dipadukan dengan tutup tangki dengan balutan krom mengkilat, kendati tidak terlalu istimewa.

14. Harga
Untuk on the road Jakarta, Honda CB150R StreetFire dibanderol Rp 22.350.000.
Model ini hadir dengan 4 pilihan warna, yakni Speedy White, Lightning White, Astro Black dan Furious Red.
Puang R-77 : Tahun 2014 harganya naik menjadi Rp 23.150.000,- (di Jakarta)

http://www.otosia.com/berita/14-keistimewaan-honda-cb150r-streetfire-8.html


1 komentar: